Mengenal berbagai macam jenis serangan pada jaringan komputer

Mengenal berbagai macam jenis serangan pada jaringan komputer


Assalammualaikum wr wb
Hallo all, Kali ini ane share artikel tentang Mengenal berbagai macam jenis serangan pada jaringan komputer, apakah anda sudah tau belum apa saja sih serangan pada jaringan komputer tersebut? Bagi anda yang belum tau silahkan simak artikel ini ya bro.

Mengenal berbagai macam jenis serangan pada jaringan komputer 

1. Serangan Ddos (Distributed Denial Of Service)

Dos (Dos Of Service Attack) adalah jenis serangan pada komputer atau server pada jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) daya pada sistem jaringan atau server target yang dimiliki sehingga komputer target tidak dapat menjalankan fungsi nya dengan benar.

Dalam sebuah serangan DOS, penyerang mencoba mencegah akses pengguna terhadap sebuah sistem dengan beberapa cara:

    Membanjiri lalu lintas jaringan dengan banyak data sehingga lalu lintas jaringan yang datang dari pengguna yang terdaftar menjadi tidak dapat masuk ke dalam sistem jaringan. Teknik ini disebut sebagai traffic flooding.
    Membanjiri jaringan dengan banyak request terhadap sebuah layanan jaringan yang disedakan oleh sebuah host sehingga request yang datang dari pengguna terdaftar tidak dapat dilayani oleh layanan tersebut. Teknik ini disebut sebagai request flooding.
    Mengganggu komunikasi antara sebuah host dan kliennya yang terdaftar dengan menggunakan banyak cara, termasuk dengan mengubah informasi konfigurasi sistem atau bahkan perusakan fisik terhadap komponen dan server.


2. Spoofing

Spoofing adalah sebuah cara atau teknik dimana penyerang berpura-pura menjadi sebuah host yang terpercay.

Macam-Macam Spoofing

    IP-Spoofing adalah serangan teknis yang rumit yant terdiri dari beberapa komponen. Ini adalah eksploitasi keamanan yang bekerja dengan menipu komputer dalam hubungan kepercayaan bahwa anda adalah orang lain. Terdapat banyak makalah ditulis oleh daemon9, route, dan infinity di Volume Seven, Issue Fourty-Eight majalah Phrack.
    DNS spoofing adalah mengambil nama DNS dari sistem lain dengan membahayakan domain name server suatu domain yang sah.
    Identify Spoofing adalah suatu tindakan penyusupan dengan menggunakan identitas resmi secara ilegal. Dengan menggunakan identitas tersebut, penyusup akan dapat mengakses segala sesuatu dalam jaringan.

3. Sniffer Paket

Snifer paket atau penganalisa paket (Penyadap Paket )adalah Network Analyzers atau Ethernet Sniffer adalah aplikasi yang dapat melihat lalu lintas data atau memantau jaringan komputer. Dikarenakan data mengalir secara bolak-balik pada jaringan, aplikasi ini menangkap tiap-tiap paket dan kadang-kadang menguraikan isi dari RFC(Request for Comments) atau spesifikasi yang lain.
Sniffer paket dapat dimanfaatkan untuk hal-hal berikut:

    Mengatasi dan mendeteksi permasalahan pada jaringan komputer.
    Mendeteksi adanya penyelundup dalam jaringan (Network Intusion).
    Memonitor penggunaan jaringan dan menyaring isi isi tertentu.
    Memata-matai pengguna jaringan lain dan mengumpulkan informasi pribadi yang dimilikanya (misalkan password).
    Dapat digunakan untuk Reverse Engineer pada jaringan.

4. Trojan Horse
 
Kuda troya atau trojan horse adalah perangkat lunak yang mencurigakan yang terlihat seprti baik baik saja namun didalam aplikasi tersebut telah di susupkan sebuah code berabahaya yang dapat mengendalikan dan mencuri data pengguna komputer korban.

Trojan bersifat tersembunyi atau stealth dalam aksinya perangkat lunak tersbut seolah olah sebaga perangkat lunak biasa atau baik namun dapat mematikan dan di kendalikan dari komputer penyerang.

5. DNS Poisoning

Sebuah cara untuk menembus pertahanan untuk memberikan informasi berupa IP Address yang salah ke sebuah Host, dengan tujuan mengalihkan paket lalu lintas data dari tujuan yang sebenarnya. Terknik ini biasa di gunakan untuk menyerang situs  e commerce dan banking untuk yang saat ini bisa di lakukan dengan cara online.

Komentar

Postingan Populer