Pengertian, fungsi dan referensi Nmap

Pengertian, fungsi dan referensi Nmap

Assalammualaikum wr wb

Hi sobat Santri Salafy Cyber, kali ini kita akan bahas tema explorasi jaringan dengan tool Nmap, yang di gunakan untuk audit keamanan jaringan yang juga cocok di pelajari oleh pelajar tkj dan sysadmin. Kita akan memplejari, Fungsi NMAP, Apa itu Nmap, Perintah Nmap, Nmap termux,  Nmap Android, dan nmap untuk scan port, berikut adalah pengertian nmap.

Pengertian Nmap

NMAP adalah singkatan dari Network Mapper, merupakan tool open source yang di gunakan khusus untuk explorasi jaringan dan audit keamanan jaringan. Gordon "Fyodor" Lyon merupakan orang yang pertama kali mengembangkan Nmap pada 1 September 1997 yang dipublikasikan pada sebuah website yang menyediakan artikel tentang keamanan komputer, yaitu Phrack Magazine Issue 51. Nama aslinya adalah Gordon Lyon (Juga Dikenaln Dengan Nama samaran Fydor Vaskovich). Adalah seorang ahli keamanan jaringan, programmer open source, dan penulis. Selain mengembangkan Nmap, Fyodor adalah salah satu anggota pendiri Honeynet project (http://honeynet.org), yaitu sebuah organisasi yang melakukan riset untuk keamanan jaringan komputer. Hingga saat ini , Nmap terus berkembang dengan berbagai fitur tambahan menarik dan membuat aplikasi ini menjadi wajib bagi sysadmin atau orang awam yang ingin belajar bagaimana cara mendeteksi celah keamanan pada suatu server.

Nmap banyak digunakan untuk melakukan scanning pada port di jaringan komputer. Port merupakan nomor yang digunakan untuk membedakan antar satu aplikasi dengan aplikasi lainnya pada jaringan komputer. Ibaratnya Anda tinggal di kota Malang dengan kode pos 65141 dan teman Anda tinggal di kota Bandung dengan kode pos 40111. Kode pos inilah yang bisa dianalogikan sebagai port untuk membedakan antara kota Malang dan Bandung. Jika pada jaringan komputer misalnya aplikasi HTTP menggunhakan port 80, SMTP menggunakan port 25, FTP menggunakan port 21 dan sebagainya. Semua aplikasi pada jaringan komputer harus memiliki nomor port agar aplikasi tersebut dapat diakses melalui port yang sudah ditentukan oleh masing-masing aplikasi. Analoginya, port ini layaknya IP Address, di mana IP Address berfungsi untuk membedakan antara satu komputer dengan komputer lainnya, sedangkan port digunakan hanya untuk membedakan aplikasi-aplikasi pada jaringan.

Di internet, kita bisa mendapatkan banyak tool untuk melakuka scanning port, namun hingga saat ini tidak satupun dari tool-tool tersebut yang dapat menawarkan fitur-fitur menarik dan ccanggih seperti Nmap. Nmap Scripting Engine (NSE) merupakan fitur dari Nmap yang membuatnya menjadi tool yang paling banyak digunakan oleh banyak orang, karena pada fitur ini pengguna Nmap dapat menulis Script-nya sendiri untuk melakukan scanning sesuai dengan keinginannya.

Nmap sangat penting dikuasai oleh seorang sysadmin. Karena dengan menguasai Nmap, sysadmin dapat melakukan scanning dan melakukan pengawasan terhadap server yang dikelolanya. Scanning yang dilakukan pun bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kelemahan pada jaringan tersebut.

Situs resmi NMAP https://nmap.org

Komentar

Postingan Populer